Indonesia Raih Predikat Negara Paling Murah Hati di Dunia

Bangga Jadi Orang Indonesia
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta (Foto:Flickr / dwi kuntoro aji)

Bangga, mungkin kata itu yang tersemat di pikiran ketika mendengar kabar kalau Indonesia berhasil meraih predikat sebagai negara paling murah hati di dunia.

Predikat tersebut diperoleh berdasarkan survei dan penelitian yang dilakukan oleh CAF (Charities Aid Foundation).
Data yang digunakan CAF dalam survei dan penelitian mereka yaitu menggunakan data Gallup.

Gallup merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset asal Amerika Serikat. Mereka menghasilkan sebuah data yang diberi judul CAF : World Giving Index 2018.

CAF sendiri merupakan sebuah organisasi yang bersifat non-profit dan bergerak di bidang amal yang berasal dari Inggris.

Berdasarkan data hasil survei yang terdapat dalam CAF : World Giving Index 2018, dari 146 negara, Indonesia berhasil menempati urutan pertama sebagai negara paling murah hati.

Pada tahun 2017, Indonesia sempat berada di posisi kedua. Namun, pada 2018 untuk pertama kalinya Indonesia berhasil menempati urutan pertama dalam rating negara murah hati.

Desa Panglipuran Saat Galungan
Umat Hindu di Desa Penglipuran saat Galungan. (Foto:REUTERS/Nyimas Laula)

CAF menggunakan data sampel sebanyak 150 ribu orang yang berasal dari 146 negara. Dari hasil sampel tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara nomor satu di dunia untuk kategori negara paling murah hati.

Sementara itu, di peringkat kedua ditempati oleh Negeri Kanguru, Australia.

Myanmar, negara yang sempat berada di peringkat pertama sejak tahun 2014 harus mengalah di tahun ini. Myanmar terpaksa turun ke posisi Sembilan. Selandia Baru juga sempat menmpati posisi kedua pada tahun 2014.

Dari total 146 negara yang diteliti oleh CAF, Singapura dan Haiti adalah dua negara yang berhasil masuk ke jajaran 20 besar. Dalam waktu lima, di tahun 2018, Singapura berhasil menempati peringkat ke-7 setelah sebelumnya hanya mampu menempati posisi ke-64.

Suasana Bawah Laut Raja Ampat
Kabarnya, 75 persen spesies ikan di dunia dan karang bisa ditemukan di sini. Pantas saja, Raja Ampat, begitu dicintai penyelam dunia. (Foto:dok : Flickr / Michael Rubenstein)

Ada tiga aspek yang dianalisa dalam survei yang dilaksanakan selama lima tahun tersebut terhitung sejak 2013 hingga 2018.

Adapun ketiga aspek tersebut yaitu inisiatif dalam hal membantu orang yang tidak dikenal, mendonasikan sejumlah uang untuk kegiatan amal, serta menjadi sukarelawan.

Dari ketiga aspek yang diteliti tersebut, sebanyak 78 persen orang Indonesia senang mendonasikan sebagian hartanya untuk orang lain. Sementara sebanyak 53 persen penduduk Indonesia gemar melakukan kegiatan yang bersifat sukarela atau menjadi relawan.

Mendengar kabar tersebut tentunya kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia.

Daftar Negara Paling Murah Hati di Dunia
Daftar Negara Paling Murah Hati di Dunia (Foto:Putri Sarah Arifira/kumparan)