Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Serupa Tapi Nasib Tak Sama

Toyota Rush (Toyota Indonesia)

Ibarat pinang dibelah dua, Toyota Rush dan Daihatsu Terios memiliki tampilan yang serupa tapi nasib tak sama. Mengapa bisa mirip, hal ini dikarenakan kedua mobil tersebut adalah hasil kerjasama antara PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Daihatsu Astra Motor (DAM).

Meskipun memiliki tampilan yang serupa, namun nasib Toyota Rush dan Daihatsu Terios berbeda. Apabila dilihat berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan antara keduanya ternyata berbeda.

Angka penjualan Toyota Rush secara wholesales (dari pabrik ke dealer) ternyata jauh lebih unggul dari kembarannya itu, Daihatsu Terios.

Daihatsu Terios

Tercatat pada Oktober 2018 lalu, angka distribusi Toyota Rush mencapai 6.588 unit. Angka tersebut merupakan peningkatan dari bulan sebelumnya. Pada September 2018 hanya sebanyak 5.797 unit dan Agustus 2018 meningkat menjadi 5.898 unit.

Sementara Daihatsu Terios, angka distribusinya hanya menyentuh angkat 3.672 unit selama Oktober 2018. Angka tersebut merupakan pencapaian tertinggi dari Daihatsu Terios selama 3 bulan ke belakang. Pada Agustus 2018 berada di angka 3.016 unit, sementara pada September hanya 2.762 unit.

Toyota Rush

Jika dibandingkan, fitur yang tersedia pada kedua mobil tersebut terbilang hampir sama dan tak jauh berbeda. Apalagi Daihatsu Terios mematok harga yang lebih murah daripada Toyota Rush.

Berdasarkan situs resmi Daihatsu Indonesia, harga jual Daihatsu Terios dibanderol mulai Rp197,3 juta sampai Rp251,9 juta. Sementara itu, Toyota Rush dipatok dari Rp242,15 juta hingga Rp263,55 juta (OTR Jakarta).