Thailand Jadi Pesaing Terberat Indonesia di Piala AFF 2018

Thailand-menjadi-lawan-yang-berat-untuk-indonesia
Pemain Timnas Indonesia U-23 berjibaku dengan penjaga gawang Timnas Thailand U-23 dalam pertandingan uji coba di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, 3 Juni 2018. ANTARA

Jakarta – Jelang Piala AFF 2018, timnas Indonesia sudah memprediksi pesaing-pesaing terberat yang akan dihadapi. Salah satu saingan terberat timnas Indonesia yaitu Thailand. Selama ajang Piala AFF, Thailand jadi pesaing terberat Indonesia.

Tim nasional Indonesia sendiri akan menggelar pertandingan pembukaan Piala AFF Suzuki 2018 yang akan dilaksanakan pada 9 November mendatang. Sebanyak 23 pemain sudah dipanggil dan dipersiapkan oleh pelatih Indonesia Bima Sakti.

Djajang Nurjaman selaku pelatih dari tim Persebaya Surabaya pun merasa yakin kalau Indonesia punya peluang cukup besar untuk menorehkan prestasi di turnamen Piala AFF 2018. Hal ini diungkapkan Djajang setelah ia melihat susunan pemain yang disiapkan oleh Bima Sakti.

“Timnas ada progres bagus walau ganti pelatih. Jadi saya pikir bagus (materi pemainnya),” kata Djadjang saat dihubungi, Rabu, 31 Oktober 2018.

Berdasarkan analisa dari mantan pelatih Persib Bandung, tim yang akan menjadi saingan terberat Indonesia yaitu Thailand dan Vietnam.

Timnas Indonesia sendiri sudah lima kali lolos ke final Piala AFF yaitu pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Untuk Piala AFF 2018, Evan Dimas dkk diharapkan dapat membawa timnas Indonesia menjadi Juara seperti timnas junior U-16.

Sejalan dengan pendapat Djajang Nurjaman, pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan pun beranggapan sama. Ia menyatakan kalau pergantian kepala pelatih dari Luis Milla ke Bima Sakti tidak akan memberikan dampak besar kepada permainan timnas Indonesia.

Menurutnya, Bima Sakti masih bagian dari tubuh timnas meskipun tanpa Luis Milla. Bima Sakti mampu menerapkan pola permainan seperti yang diterapkan oleh Luis Milla.

“Thailand, Vietnam, dan Malaysia akan jadi batu sandungan,” kata Rahmad Darmawan.

Sebagian besar kontestan Piala AFF 2018 mengandalkan pelatih asing, dan hanya ada 3 negara yang mengandalkan pelatih lokal. Ketiga negara tersebut yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sedangkan sisanya mempercayakan timnya pada pelatih asing.

Thailand menunjuk Milovan Rajevac asal Serbia sebagai pelatih, sementara Vietnam mengangkat pelatih asal Korea Selatan, Park Hang Seo.

Sementara itu, Filipina mengandalkan mantan pelatih Timnas Inggris yaitu Sven Goran Erikson. Selain itu, Timnas Kamboja pun menunjuk duet Keisuke Honda dan Felix Dalmas untuk mendukung permainan tim.