Liga Primer Inggris : Jelang Laga Manchester City Kontra Liverpool

Etihad Stadium bisa menjadi titik kunci persaingan menuju tangga juara Liga Primer musim ini (foto : Getty Images)

Dini hari nanti duel antara Manchester City kontra Liverpool akan dilaksanakan. Pertandingan yang digelar di Etihad Stadium, Jumat (4/1) dini hari ini akan menjadi pertandingan penentuan juara Liga Primer Inggris musim 2018/2019.

Pasukan The Citizens yang bertindak selaku tuan rumah tentunya harus mampu meraih poin penuh untuk dapat menjaga jarak dengan pemuncak klasemen yaitu Liverpool.

Anak asuh Pep Guardiola saat ini memiliki selisih tujuh poin dari Liverpool usai menelan kekalahan beruntun sebanyak dua kali dalam tiga pertandingan terakhir.

Saat menjamu Crystal Palace pada dua pekan yang lalu, Manchester City harus menyerah dari Crystal Palace dengan skor 3-2. Pada pekan berikutnya, The Citizens lagi-lagi mengalami kekalahan dari Leicester City dengan skor 2-1.

“Saya punya firasat bahwa ini menjadi kesempatan besar bagi kami untuk mereduksi jarak tapi fokus kami tetap sama. Setiap orang bertanya apa yang akan kami lakukan jika kalah, tapi kami akan membuat permainan kami dan memenangkannya,” ujar Guardiola dalam jumpa pers.

“Untuk saat ini, Liverpool adalah tim terbaik di Eropa jika melihat cara mereka bermain dan mengontrol hal-hal rinci dalam pertangingan mereka. Itu akan menjadi tantangan bagus bagi kami.”

Sementara itu, tim tamu Liverpool pun tidak akan bermain aman. The Reds akan mencari poin penuh untuk memastikan diri sebagai juara Liga Primer untuk pertama kali dalam sejarah.

Meskipun saat ini Liverpool berada di posisi yang aman, namun Juergen Klopp tak ingin anak asuhnya menjadi terlena. Dirinya ingin anak asuhnya tetap fokus dan waspada terhadap kualitas Manchester City.

“Laga yang sangat sulit, salah satu yang tersulit bisa Anda mainkan dalam sepakbola dunia yang modern. Kami merasakan itu dalam banyak waktu. Mereka tim yang sangat kuat dengan manajer luar biasa,” klaim Klopp.

“Kami harus melakukan persiapan sebaik mungkin, kami harus berani, harus penuh dengan gairah, amarah, sama seperti di laga-laga lainnya. Tapi dengan pengetahuan akan lawan, bagi saya, mereka tetap tim terbaik di dunia.”

The Citizens akan kembali diperkuat oleh Kevin De Bruyne setelah sebelumnya absen akibat masalah kebugaran saat City menang 3-1 atas Southampton pekan lalu.

Sementara di kubu Liverpool, mereka akan menurunkan formasi terbaik sama seperti saat menumbangkan Arsenal dengan skor 5-1.

PRAKIRAAN FORMASI

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko; Bernardo, Fernandinho, Silva; Sterling, Aguero, Sane.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Henderson; Mane, Firmino, Keita; Salah.

TAHUKAH ANDA?
• Manchester City baru menang sekali dalam 11 pertemuan terakhir lawan Liverpool di semua kompetisi (I3 K7).
• Musim 2016/17, Man City sukses memetik kemenangan telak 5-0 saat menjamu Liverpool di Etihad Stadium.
• Liverpool baru memiliki satu kemenangan dalam sembilan kunjungan terakhir ke Etihad (I3 K5).
• Guardiola lebih banyak kalah lawan Klopp (7) ketimbang menghadapi manajer lainnya dalam kariernya.
• Februari 2016 merupakan terakhir kalinya Man City kalah dua kali beruntun di kandang dari Leicester City
dan Tottenham Hotspur.
• Liverpool menutup tahun 2018 dengan keunggulan tujuh poin di puncak klasemen Liga Primer, belum ada tim
yang pernah gagal juara dengan selisih poin sebanyak itu.