Liverpool Kalahkan Everton 1-0 Lewat Pertandingan Dramatis

Liverpool Kalahkan Everton
Liverpool mengalahkan Everton 1-0 lewat gol di penghujung injury time. (Foto: Phil Noble/Reuters)

Liverpool – Liverpool kalahkan Everton 1-0 lewat pertandingan dramatis.

Dengan begitu, Liverpool berhasil memenangkan Derby Merseyside pertama Liga Inggris 2018/2019 lewat gol yang tercipta di akhir masa injury time.

Pertandingan yang dilaksanakan di Anfield Stadium pada Senin (3/12) dini hari WIB berakhir dramatis saat pemain pengganti yaitu Divock Origi berhasil memberikan kemenangan untuk Liverpool.

Gol yang dicetak Origi tercipta usai dirinya berhasil memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Everton, Jordan Pickford.

Liverpool berhasil mendominasi sepanjang pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 58 persen dengan menembakkan 16 tendangan namun hanya empat yang mengarah ke gawang.

Sementara Everton hanya mampu menembakkan Sembilan tendangan dimana hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Berkat kemenangan tersebut, Liverpool mendekatkan jarak dengan pemuncak klasemen yaitu Manchester City dengan selisih dua poin dimana Liverpool telah mengumpulkan 36 poin.

Sementara di posisi ketiga ditempati Chelsea dengan selisih lima poin dari Liverpool.

Jalannya Pertandingan

everton mengawali pertandingan dengan baik dimana pada menit keempat. Everton hampir mencetak gol setelah tandukan Yery Mina namun bola hanya melenceng dari gawang yang dijaga Alisson Becker.

Pertandingan berjalan dalam tempo yang tinggi. Liverpool mampu menghasilkan peluang pada menit ke-12.

Saat itu Mohamed Salah menerima umpan dari Andrew Robertson dari pinggir kotak penalti. Bola tersebut langsung diteruskan oleh Sadio Mane melalui tembakan kaki kiri namun bola masih melesat diatas gawang Everton.

Berselang Sembilan menit, Everton pun kembali membuat pertahanan Liverpool kerepotan. Beruntung bola rebound hasil sundulan Andre Gomes masih mampu dihalau.

Saat pertandingan sudah berlangsung selama 30 menit, Roberto Firmino mencoba untuk melepaskan tendangan jarak jauh namun bola tersebut masih mampu diamankan oleh Jordan Pickford.

berselang empat menit, Pickford kembali melakukan penyelamatan gemilang usai berhadapan langsung dengan Xherdan Shaqiri dan mampu menepis tendangan Shaqiri dengan tenang.

Everton pun mendapat kesempatan saat Theo Walcott berhasil bebas dari pemain Liverpool dan berhasil masuk ke area pertahanan setelah menerima umpan dari Gylfi Sigurdsson. Saat itu Walcott mengitari Alisson namun aksinya masih mampu dihentikan oleh Alisson.

Babak pertama berakhir, skor masih 0-0.

Peluang emas pun sempat tercipta pada menit ke-47 lewat kerjasama antara Giorginio Wijnaldum dan Mohamed Salah dimana saat itu Salah menembakkan bola dengan kaki kirinya.

Tembakan melengkung Salah tersebut tidak mampu dijangkau oleh Pickford namun bola saat itu masih melenceng.

Berselang enam menit kemudian, Mane melewatkan peluang emas untuk mencetak gol. Berawal dari aksi perebutan bola di area tengah lapangan, Mane mampu meloloskan diri dari pengawalan Seamus Coleman.

Saat di dalam kota penalti, Mane yang saat itu dibayangi oleh Michael Keane gagal melakukan penyelesaian di dekat tiang gawang.

Pada menit ke-69, Liverpool seharusnya dihadiahi penalti saat Mane dilanggar oleh Lucas Digne sebelum dirinya menerima bola. Namun, saat itu wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Liverpool kembali melakukan serangan balik yang tajam pada 10 menit terakhir. Firmino mengirimkan umpan silang dari sisi kiri namun bola tersebut melesat terlalu cepat dan tidak mampu dijangkau oleh Naby Keita.

Liverpool melewatkan dua peluang emas. Pergerakan Divock Origi dari sayap kanan lapangan mengantarkan bola lewat umpan silang ke arah Mane yang berada di dalam kotak penalti.

Namun, bola tersebut masih mampu dihalau oleh Keane dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Selanjutnya, tendangan sudut Alexander-Arnold mampu diteruskan Virgil van Dijk dan kemudian bola jatuh di depan Origi dan langsung melakukan sontekan dari depan gawang namun bola masih menghantam tiang gawang.

Di penghujung pertandingan, Liverpool akhirnya mampu mencetak gol lewat kesalahan kiper Pickford dimana dirinya gagal mengantisipasi bola hasil sepakan voli Van Dijk yang mengarah ke sudut atas gawang.

Bola yang gagal diantisipasi tersebut kemudian jatuh kebawah dan kemudian langsung disambar oleh Origi dari jarak dekat. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Liverpool.

Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Fabinho, Shaqiri (Keita 71′), Salah (Sturridge 75′), Firmino (Origi 84′), Mane

EVERTON: Pickford, Coleman, Keane, Mina, Digne, Andre Gomes, Gueye, Walcott (Lookman 63′), Sigurdsson (Zouma 90+1′), Bernard (Calvert-Lewin 90′), Richarlison