Copa Del Rey : Levante Tumbangkan Barcelona 2-1

Levante tumbangkan Barcelona 2-1
Barcelona kalah 1-2 dari Levante di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey (Foto: David Ramos/Getty Images)

Valencia – Levante tumbangkan Barcelona 2-1 pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Copa Del Rey.

Kekalahan tipis tersebut dialami Blaugrana usai bertandang ke Ciutat de Valencia, markas Levante pada Jumat (11/1) din hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, Ernesto Valverde tidak menurunkan Lionel Messi dan Luis Suarez dalam daftar pemain yang diturunkan.

Untuk lini depan Barcelona diisi oleh Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele. Valverde melakukan sembilan perubahan terhadap susudan pemain saat menghadapi Getafe dimana hanya Arturo Vidal dan Dembele yang tetap jadi starter.

Tim tuan rumah mulai mengejutkan pertahanan Barcelona lewa gol cepat yang tercipta di menit awal pertandingan. Gol tersebut terciptal lewat sundulan dari Erick Cabaco.

Gol tersebut diawali dari pelanggaran Vidal terhadap Ruben Rochina di sisi kiri.
Alhasil, wasit memberi hadiah tendangan bebas untuk Levante yang dieksekusi oleh Rochina dan langsung mengirimkan umpan terukur kedalam area penalti.

Umpan Rochina tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Cabaco menjadi sebuah gol lewat sundulannya.
Tiga menit kemudian, tim tuan rumah hampir kembali menambah gol saat Moses Simon melakukan penetrasi dari sebelah kiri kemudian menembakkan bola dari sudut sempit. Namun tembakan Moses Simon masih mampu dihalau oleh Jasper Cillessen.

Tim tuan rumah Nampak bermain cukup agresif dan kembali mengancam pertahanan Barcelona. Coke yang saat itu memberikan umpan ke depan gawang Barca dan kemudian ada Emmanuel Boateng yang menyambut umpan tersebut dan langsung menembakkan bola. Sayangnya, tembakan dari Boateng tersebut mengarah tepat ke Cillessen.

Pada menit ke-18, Levante berhasil menambah keunggulan setelah Boateng mengoper bola kepada Borja Mayoral. Dengan tenang Mayoral melepaskan tembakan tepat ke pojok kiri bawah gawang dari Cillessen.

Barcelona sempat memperoleh peluang untuk mengejar ketertinggalan saat Dembele berhadapan dengan Aitor Fernandez setelah sebelumnya mendapatkan bola dari Carles Alena. Namun, upaya Dembele tersebut masih belum mampu melewati Fernandez.

Memasuki babak kedua, Levante kembali mengancam pertahanan Barcelona lewat tembakan dari Mayoral. Beruntung Cillessen berhasil menyelamatkan gawang Barcelona.

Peluang emas kembali didapatkan oleh Levante lewat tembakan dari Morales saat berhadapan langsung dengan Cillessen, namun tembakannya tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Tim tamu akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan lewat hadiah penalti yang diberikan wasit pada menit ke-85 usai Denis Suarez dijatuhkan oleh Coke.

Coutinho yang ditunjuk sebagai eksekutor pun berhasil mengeksekusi bola lewat tendangannya yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Levante.

Skor berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan sekaligus kemenangan Levante atas Barcelona hingga akhir pertandingan.

Barcelona akan menjadi tuan rumah pada pertandingan leg kedua yang dilaksanakan pada 17 Januari di Camp Nou.

Susunan Pemain

Levante: Aitor Fernandez; Erick Cabaco, Sergio Postigo, Chema Rodriguez (Jason 69′); Coke, Ruben Rochina (Doukoure 75′), Sanjin Prcic, Jose Campana, Moses Simon; Emmanuel Boateng (Morales 62′), Borja Mayoral

Barcelona: Jasper Cillessen; Nelson Semedo, Jeison Murillo, Chumi (Lenglet 58′), Juan Miranda (Sergi Roberto 46′); Sergio Busquets, Arturo Vidal, Carles Alena; Malcom (Denis Suarez 67′), Coutinho, Ousmane Dembele