Manchester City Memberikan Kekalahan Perdana Untuk Liverpool

Manchester City memberikan kekalahan perdana untuk Liverpool
Striker Manchester City, Sergio Aguero, merayakan gol setelah membobol gawang Liverpool dalam laga yang berlangsung di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Jon Super)

Manchester – Manchester City memberikan kekalahan perdana untuk Liverpool pada pekan ke-21 Premier League. Liverpool harus menyerah 2-1 dari Manchester City saat bertandang ke Etihad Stadium, Jumat (4/1) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut merupakan kekalahan perdana Liverpool di Premier League musim ini. Liverpool hampir unggul lebih dulu setelah tendangan Sadio Mane menghantam mistar gawang dan mengakibatkan kemelut di dalam area penalti.

Saat itu bola yang berada di area penalti dihalau oleh John Stones, namun bola tersebut justru berbalik arah ke gawang usai menyentuh tangan Ederson. Keberuntungan masih berpihak pada City dimana John Stones berhasil menghalau bola saat bola sudah berada di garis gawang.

Selanjutnya giliran The Citizens yang memberikan ancaman yang membuahkan hasil dimana Sergio Aguero berhasil menjebol gawang Alisson Becker pada menit ke-40.

Gol tersebut tercipta lewat tendangan Aguero dari sudut yang sempit setelah dirinya menerima umpan dari Bernardo Silva. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan Manchester City atas Liverpool.

Di babak kedua, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol yang dicetak oleh Roberto Firmino pada menit ke-64 melalui sundulan usai mendapatkan umpan lambung dari Andy Robertson.

Saat itu Manchester City masih mendominasi penguasaan bola, namun Liverpool masih mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Tidak puas bermain imbang, kedua tim pun meningkatkan tempo permainan lewat aksi jual beli serangan.

Manchester City kembali unggul di menit ke-72 lewat serangan balik yang cepat. Saat itu Raheem Sterling memberikan umpan akurat kepada Leroy Sane yang kemudian melanjutkan umpan tersebut lewat tendangan ke sudut kiri gawang Alisson.

Tempo pertandingan pun masih tetap tinggi dimana Liverpool tidak ingin kalah dari City, dan The Citizens pun ingin menambah jumlah gol. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir pertandingan yang dipimpin oleh wasit Anthony Taylor.

Dengan hasil tersebut, Manchester City berhasil memperpendek jarak selisih poin dari Liverpool menjadi empat poin usai memberikan kekalahan perdana untuk Liverpool. The Citizens berhasil menambah poin menjadi 50 poin dari 21 pertandingan, sementara Liverpool masih menempati puncak klasemen dengan 54 poin.

Susunan pemain

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson; 3-Danilo, 5-John Stones, 4-Vincent Kompany (30-Nicolas Otamendi 88′), 14-Aymeric Laporte (2-Kyle Walker 86′); 20-Bernardo Silva, 25-Fernandinho, 21-David Silva (8-Ilkay Gundogan 65′); 7-Raheem Sterling, 10-Sergio Agüero, 19-Leroy Sané

Manajer: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson; 66-Trent Alexander-Arnold, 6-Dejan Lovren, 4-Virgil van Dijk, 26-Andrew Robertson; 5-Georginio Wijnaldum (15-Daniel Sturridge 86′), 14-Jordan Henderson, 7-James Milner (3-Fabinho 57′); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mané (23-Xherdan Shaqiri 77′)

Manajer: Jurgen Klopp

Wasit: Anthony Taylor