Arab Saudi Berhasil Menjadi Juara Piala Asia U-19 2018

arab-saudi-juara-piala-asia-u19
Arab Saudi berhasil menjadi juara Piala Asia U-19 2018 setelah menaklukkan Korsel di partai final.

Tim nasional Arab Saudi berhasil menjadi juara Piala Asia U-19 2018. Keberhasilan tersebut diperoleh setelah pasukan The Green Falcons mengalahkan tim Korea Selatan dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, minggu (4/11) malam.

Lewat prestasi ini, Arab Saudi berhasil mengembalikan kejayaan tim yang haus akan gelar juara selama hampir 26 tahun.

Tim nasional Arab Saudi terakhir kali berhasil menjadi juara Piala Asia U-19 pada 1992 silam yang saat itu digelar di Uni Emirat Arab.

Arab Saudi berhasil unggul terlebih dahulu ketika Turki Al Ammar berhasil memberikan gol cepat saat pertandingan baru berjalan selama dua menit.

Tanpa menunggu lama, selang dua puluh menit berikutnya, pasukan Arab Saudi berhasil menggandakan kedudukan. Keunggulan tersebut diperoleh lewat gol yang disumbangkan Khalid Al-Ghannam pada menit ke-22. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan Arab Saudi.

Di babak kedua, tim Korea Selatan mencoba bermain lebih agresif agar dapat mengejar ketertinggalan. Usaha mereka pun membuahkan hasil. Pada menit ke-64, Korea Selatan berhasil memperkecil kedudukan lewat gol yang disumbangkan Cho Young-Wook melalui tendangan penalti.

Sampai di penghujung babak kedua, baik Arab Saudi maupun Korea Selatan sama-sama tidak menambah gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Arab Saudi sekaligus menjadi juara di Piala Asia U-19 2018.

Ada empat tim wakil Asia yang dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Adapun keempat tim tersebut yaitu Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang dan Qatar.

Indonesia sendiri gagal lolos ke Piala Dunia U-20, setelah kalah dari Jepang dengan skor 2-0 di babak perempat-final.