Beragam Ide Memanfaatkan Ruang Sempit Di Rumah

Cover Pasar Baru Mansiondi Jakarta karya Pureline Living(Sumber: arsitag.com)

Memiliki rumah yang luas dengan tampilan yang menarik mungkin menjadi idaman setiap orang. Namun, seiring waktu berjalan, harga tanah pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Alhasil, banyak orang yang memilih untuk membeli rumah yang kecil atau sederhana. Namun, tujuan dari membeli rumah yang utama itu agar memiliki tempat berlindung dari hujan dan panas.

Meskipun rumah yang kita miliki itu kecil, namun ternyata ada banyak cara untuk memanfaatkan ruang sempit di rumah agar dapat terlihat luas.

Memanfaatkan ruang sempit di rumah pun tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Kita dapat memilih jenis perabot rumah berdasarkan ukuran yang sesuai untuk mengisi ruang sempit yang ada dirumah.

Selain itu penggunaan cermin ternyata dapat memberikan nilai lebih pada ruangan yang sempit tersebut.

Kita tak perlu khawatir jika memiliki kamar tidur yang sempit, ruang makan yang sempit, ruang keluarga yang terbatas, atau dapur yang kecil di rumah.

Berikut adalah beragam ide memanfaatkan ruang sempit di rumah yang bisa kita terapkan :

1. Ruang Kamar Tidur Sempit Dengan Dinding Cermin

Menyiasati ruang sempit Kota Ayodhyadi Tangerang karya Teddykoo(Sumber: arsitag.com)

Keberadaan cermin pada dinding kamar tidur yang sempit akan sangat efektif untuk menciptakan kesan luas. Dengan menerapkan ide tersebut kamar tidur yang kita miliki akan terlihat dua kali lebih luas.

2. Ruang Makan Sempit Hanya Dengan Dua Kursi

Menyiasati ruang sempit Kota Ayodhyadi Tangerang karya Teddykoo(Sumber: arsitag.com)

Jika kita memiliki ruang makan yang sempit, ada baiknya kita gunakan meja makan yang sesuai dengan jumlah keluarga yang kita miliki. Hindari pemilihan meja makan dengan jumlah kursi yang lebih banyak dari jumlah anggota keluarga kita.

3. Ruang Kamar Tidur dengan Perabot Kreatif

Menyiasati ruang sempit One (+one) Bedroom Apartmentdi Bandung karya Arkitekt.Id(Sumber: arsitag.com)

Seiring berkembangnya dunia desain interior, saat ini sudah banyak perabot rumah tangga yang multifungsi. Perabot tersebut dapat digunakan untuk menghemat ruang yang ada di rumah kita.

4. Ruang Keluarga Sempit Dengan Sofa Mini

Menyiasati ruang sempit Living Room Apartmentdi Jakarta karya FIANO(Sumber: arsitag.com)

Karena ukuran ruang yang sempit, ukuran perabot juga harus menyesuaikan. Sebagai contoh, gunakan kursi sofa mini pada ruang keluarga.

5. Ruang Kamar Tidur Sempit Dengan Bunk Bed

Menyiasati ruang sempit Madison Park Residence di Jakarta karya Flux Interior(Sumber: arsitag.com)

Ide lainnya untuk memanfaatkan ruang sempit terutama di kamar tidur adalah dengan memanfaatkan ranjang susun atau bunk bed. Sementara pada bagian bawah ranjang dapat kita manfaatkan sebagai ruangan lain seperti tempat belajar atau lemari.

6. Ruang Tengah Sempit Dengan Rak Pemisah Minimalis

Menyiasati ruang sempit RR Apartmentdi Jakarta karya TRE Studio(Sumber: arsitag.com)

Karena ruangan rumah yang terbatas oleh sebab itu kita harus pintar dalam membagi ruang yang ada di rumah dengan menggunakan sekat atau rak pemisah yang minimalis.

7. Lemari Kamar Tidur Dengan Permukaan Cermin

Menyiasati ruang sempit Apartment Mediterania di Jakarta karya MBartliving(Sumber: arsitag.com)

Selain ditempatkan pada dinding ruangan, cermin juga dapat kita gunakan untuk melapisi permukaan perabot seperti lemari. Hal ini dimaksudkan agar dapat menciptakan kesan yang luas dan tetap terlihat menarik.

8. Ruang Dapur Sempit Dengan Peralatan Masak Secukupnya

Menyiasati ruang sempit Cinere Bellevue Apartmentdi Depok karya FIANO(Sumber: arsitag.com)

Ide memanfaatkan ruang sempit di rumah yang selanjutnya yaitu jika kita memiliki dapur yang sempit, kita dapat menggunakan peralatan dapur yang secukupnya saja. Selain dapat menghemat biaya, kita tetap masih bisa memasak dengan peralatan yang ada meskipun tidak banyak.

Semoga dengan adanya ide memanfaatkan ruang sempit di rumah ini, kelak kita bisa memiliki rumah idaman dengan tampilan yang menarik meskipun ukurannya kecil.