5 Tips Menghadapi Interview Kerja Yang Harus Diketahui

5 Tips Interview Kerja
Ada beberapa kesalahan yang disampaikan secara tidak sengaja saat interview berlangsung. Apa sajakah itu?

Saat kita memasuki dunia professional atau dunia kerja, kita tentu harus melewati tahap interview kerja sebelum dapat bekerja di perusahaan yang kita inginkan.

Untuk para pencari kerja pemula tentu akan ada rasa senang sekaligus grogi saat mendapat panggilan untuk interview kerja.

Setiap orang tentu akan merasa khawatir apakah dirinya masuk dalam kriteria pegawai atau tidak. Meskipun begitu, tentunya setiap orang berharap kalau dirinya bisa diterima di perusahaan yang ia lamar tersebut.

Saat menjalani proses interview, tidak sedikit dari para pencari kerja yang gagal dalam tahap tersebut. Hal tersebut bisa disebabkan karena terlalu grogi saat interview sehingga mereka menjadi kurang maksimal saat menjawab pertanyaan saat interview.

Sebelum kamu menjalani interview, ada baiknya kamu simak 5 tips menghadapi interview kerja yang harus diketahui berikut ini.

1. Gambarkan diri kamu

Saat tim HRD menanyakan tentang diri kamu, tentunya kamu harus mampu menjelaskan tentang diri kamu yang sebenarnya. Pilihlah kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan diri kamu misalnya kamu seorang yang jujur, disiplin, mudah bergaul dan mampu bekerja dalam tim maupun individu.

Pastikan jawaban yang kamu berikan sesuai dengan karakter kamu yang sebenarnya agar HRD tahu tentang karakter kamu.

2. Pelajari tentang perusahaan

Ilustrasi dunia kerja (iStockPhoto)

Sebelum kamu menjalani proses interview, sebaiknya kamu mulai mempelajari tentang perusahaan yang kamu lamar tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut lewat website perusahaan.

Usahakan untuk dapat mencari informasi secara detail terkait dengan perusahaan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar nantinya HRD yakin kalau kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

3. Maksimalkan penampilan

Sebelum menjalani interview kerja, kamu harus sudah mempersiapkan diri kamu lewat penampilan yang terbaik. Gunakan pakaian yang sesuai dengan tempat dan waktu saat menjalani interview dan cobalah untuk berpenampilan sebaik dan semenarik mungkin.

Selain berpenampilan menarik, kamu juga bisa menggunakan sedikit parfum agar kamu lebih segar dan terhindar dari bau badan ketika berkeringat saat interview.

4. Lakukan kontak mata

Saat menjalani interview, usahakan untuk melakukan kontak mata dengan lawan bicara kamu. Berikan tatapan yang menunjukkan rasa percaya diri dihadapan tim HRD saat interview. Dengan sering melakukan kontak mata secara tidak langsung kamu sudah menunjukkan kalau dirimu seorang yang percaya diri.

5. Tonjolkan kelebihan yang kamu miliki

Sebelum melakukan interview kerja, sebaiknya kamu sudah lebih dulu mengetahui kelebihan yang ada pada dirimu. Tunjukkan kelebihanmu secara jelas dan singkat tetapi jangan sampai kamu melebih-lebihkan kemampuan yang sebenarnya tidak kamu kuasai.