10 Soft Skill Wajib Yang Harus Dimiliki di Dunia Kerja

10 soft skill yang wajib dimiliki

Mungkin kita pernah mendengar istilah hard skill maupun soft skill. Tapi, apakah kita sudah tahu arti dari kedua istilah tersebut?

Jika diartikan, hard skill adalah kemampuan yang bisa didapatkan dengan cara dipelajari dan dilatih, serta dapat diukur.

Secara umum, hard skill bisa kita peroleh dan kita pelajari di sekolah, melalui buku atau pelatihan, serta pengalaman.

Di dalam dunia kerja, peran hard skill terbilang cukup penting dan dijadikan acuan dalam mencari kriteria calon pegawai yang tepat untuk mengisi posisi yang disediakan.

Sementara itu, disamping harus memiliki hard skill, kita pun harus memiliki soft skill. Jika diartikan, soft skill memiliki arti yang berbeda dengan hard skill.

Soft skill adalah kemampuan yang lebih sulit untuk diukur dan sifatnya subjektif. Meskipun sulit diukur, ternyata soft skill bisa dilatih.

Jika dikerucutkan, soft skill adalah kemampuan interpersonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana cara kita bersikap, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Keberadaan soft skill akan sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita baik itu di dunia pendidikan, maupun dunia kerja.

Ada beberapa soft skill yang harus kita miliki terutama untuk memasuki dunia kerja. Berikut adalah 10 soft skill wajib yang harus dimiliki di dunia kerja.

1. Komunikasi

Soft skill yang wajib kamu miliki yaitu komunikasi. Kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik sebab dimanapun kita berada tentu kita akan berkomunikasi dengan orang lain.

Meskipun terdengar mudah, ternyata masih banyak orang yang sulit berkomunikasi dengan baik dengan teman, guru, rekan kerja, bahkan dengan atasan sekalipun.

Komunikasi bukan hanya tentang bagaimana caranya berbicara yang baik, tetapi kita juga harus bisa menjelaskan, mengungkapkan, menulis dan mempresentasikan sesuatu.

Jadi, mulai sekarang kita harus membiasakan diri untuk berkomunikasi agar tidak canggung ketika berbicara di depan banyak orang.

2. Mampu Bekerja Sama

Kita harus mampu bekerja sama dengan siapapun, sebab tidak selamanya kita menggunakan skill individu yang kita miliki.

Sebagai manusia tentunya kita akan sangat membutuhkan manusia lainnya. Di dunia kerja misalnya, kita harus mampu bekerja sama dengan rekan kerja.

Jika kita mampu bekerja sama dengan baik maka kita pun mampu menjadi sebuah tim yang solid yang mampu melengkapi satu dengan yang lain.

Esensi dari bekerja sama ialah kita harus melatih diri untuk bisa menerima pendapat orang lain, berdiskusi, serta mencari solusi permasalahan.

Selain itu kita juga harus mampu menghargai perbedaan pendapat serta ikut berkontribusi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

3. Beradaptasi

Salah satu soft skill yang harus kita miliki yaitu kemampuan untuk dapat beradaptasi.

Sejak duduk di bangku sekolah dulu, tanpa sadar kita telah dilatih untuk dapat beradaptasi. Setiap kita naik kelas atau lulus dari tingkat pertama ke tingkat selanjutnya tentu kita dihadapkan dengan lingkungan baru.

Jika kita memiliki kemampuan adaptasi yang baik maka kita mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru. Selain itu, kita juga akan mudah nyaman dengan situasi apapun sehingga kita bisa memaksimalkan kemampuan kita.

4. Problem Solving

Saat ini, kita tidak bisa selamanya menjadi seorang yang pasif. Kita harus menjadi seorang yang pro-aktif dalam segala hal seperti memberikan pendapat maupun memecahkan masalah.

Jika kita mampu bersikap pro-aktif dalam berargumen dan memecahkan masalah, maka kita akan menjadi pribadi yang dicari oleh perusahaan dimanapun.

5. Manajemen

Sebagai generasi muda, kita harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Sudah waktunya kita menentukan pembagian prioritas dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memiliki kemampuan manajemen yang baik, kita akan mampu membuat sebuah perencanaan dalam membagi waktu antara tugas, pekerjaan, maupun kebutuhan pribadi.

Dengan begitu kita akan mampu mengerjakan apapun dengan tepat waktu tanpa harus menunda pekerjaan.

6. Networking

Salah satu soft skill wajib yang harus kita miliki yaitu kemampuan untuk membuat sebuah networking atau kemampuan untuk memperluas koneksi dan relasi di masa depan.

Menjalin hubungan baik dengan orang lain sangatlah penting sebab hal tersebut akan berguna bagi kita nantinya.

7. Leadership

Skill leadership atau kepemimpinan juga harus kita miliki dan kita latih. Kemampuan leadership bukan hanya untuk orang-orang yang memiliki jabatan tertentu tetapi untuk semua orang.

Jika kita memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, itu akan menjadi nilai lebih bagi kita dimana kita akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik.

8. Positif dan Percaya Diri

Jangan pernah kita meremehkan soft skill yang satu ini. Kemampuan untuk percaya diri dan berfikir positif serta tidak mudah menyerah tentunya akan sangat membantu kita.

Jika kita selalu berpikiran positif, maka kita akan mudah dalam mengerjakan segala hal dan mampu menyelesaikan segala tantangan yang ada di depan kita. Jadi kita harus terus mengasah kemampuan yang satu ini.

9. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Kemampuan untuk dapat bekerja di bawah tekanan sangatlah dibutuhkan bagi kita terutama di dunia kerja.

Sebab, semakin tinggi jabatan kita, maka tanggung jawab pun akan semakin besar dan tentunya tekanan pun akan besar pula.

Jika kita sudah terbiasa bekerja di bawah tekanan, maka kita akan mudah menyelesaikan pekerjaan sesulit apapun dengan tenang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

10. Etika

Etika, merupakan salah satu soft skill yang sangat penting dan jangan sampai dilupakan. Kita harus memiliki etika yang baik ketika kita berada dimanapun.

Meskipun kita pintar dalam segala hal tetapi kita tidak memiliki etika, maka kita tidak akan disukai oleh siapapun.
Apabila kita ingin disukai oleh siapapun, maka kita harus membiasakan diri untuk selalu menerapkan etika dan kelakuan yang baik.