Fenomena Harbolnas : Driver Go-Jek Antar Dua Barang Setiap Detik

saat Harbolnas, driver gojek antar dua barang setiap detik
Driver Go-Jek Antar Dua Barang Setiap Detik Saat Harbolnas, FOTO/ Ist

JAKARTA – Momen Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Saatevent ini berlangsung, seluruh pelaku bisnis e-commerce mulai disibukkan dengan pesanan yang menumpuk dari para pembeli. Selain pelaku bisnis, ternyata pihak penyedia layanan pesan antar pun dibanjiri pesanan.

Salah satunya yaitu Go-Jek dimana didalam aplikasi Go-Jek terdapat layanan pesan antar yang disebut Go-Send.

Menurut VP Corporate Affairs Go-Jek, Michael Say, mitranya dalam hal ini yaitu para driver telah menempuh jarak sejauh lebih dari 9 juta kilometer selama periode Harbolnas berlangsung.

Michael mengatakan bahwa pihak Go-Jek melakukan proses penghitungan jarak tersebut mulai dari tanggal 10 Desember hingga 14 Desember.

“Berdasarkan akumulasi data internal kami, para mitra driver kami di Jabodetabek telah menempuh jarak sejauh lebih dari 9 juta kilometer atau kurang lebih setara dengan 500 kali total jarak perjalanan bolak-balik dari Sabang hingga Merauke,” kata Michael dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (21/12).

Adapun wilayah yang memiliki angka kontribusi pengiriman terbesar yaitu wilayah Jabodetabek yakni berada di angka 50% dari total pengiriman se-Indonesia dimana ada 700 ribu barang yang dikirimkan.

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa dalam setiap detik, ada dua barang yang diantarkan oleh driver Go-Jek.

Event Harbolnas tahun 2018 digelar selama dua hari yaitu pada tanggal 11 dan 12 Desember. Selama event Harbolnas berlangsung, total transaksi yang tercatat yaitu mencapai Rp 6,8 Triliun.

Angka transaksi tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 2,1 Triliun dibandingkan Harbolnas tahun 2017.